Langsung ke konten utama

5 Peluang Bisnis dan Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga



Kalian seorang ibu rumah tangga? Suka ngerasa bosan ga dengan aktivitas harian yang itu-itu aja? Untuk mengusir rasa bosan tersebut tentunya kalian harus memiliki kegiatan lain. Lalu dengan cara apa? Salah satunya adalah Berbisnis!

Mungkin dipikiran kalian terbesit "Berbisnis? Nanti sibuk dong harus keluar rumah dan ga punya waktu buat lihat tumbuh kembang si buah hati". Nah, pemikiran terebut bakal teratasi dengan konsep bisnis yang tentunya bisa dijalani di rumah yang tentunya bisa mengusir rasa bosan kalian dan disisi lain kalian pun akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Tapi, bisnis ibu rumah tangga seperti apa sih kiranya yang tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulainya? Berikut ini adalah 5 jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh para ibu rumah tangga dimana pun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain uang bulanan dari suaminya.

1. Blogging



Yap, blogging kenapa tidak untuk menjajal dunia digital ini. Jika kalian orang yang suka menulis, tuangkanlah ide-ide menarik di blog kalian salah satu contohnya tentu bisa diambil dari keseharian kalian yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga misalnya membahas dunia kuliner, fashion, beauty bahkan membahas tentang hobi seperti travelling dll.

Perlu kalian ketahui, kini sudah banyak ibu rumah tangga yang sukses menjadi blogger lho! Hanya duduk manis depan laptop sembari menemani si kecil hal ini bisa kalian lakukan. Ada yang Perlu diperhatikan jika kalian ingin mendapatkan penghasilan dari blogging, kalian harus memperhatikan blog yang kalian miliki dengan cara mengisi konten blog dengan kualitas artikel yang baik dan mengundang pengunjung sehingga blog yang kalian miliki akan mendapatkan traffic yang tinggi.

Baca Juga: 7 Profesi Yang Dapat Meraup Keuntungan Banyak!
Setelah hal tersebut terpenuhi, kalian bisa mengikuti program affiliate marketing dan membuka slot iklan di blog, yang nantinya orang akan melirik blogmu untuk memasang iklan untuk kebutuhan review produk-produk yang mereka jual ataupun yang lainnya. Nah, nantinya kalian akan mendapatkan uang dari program affiliate marketing dan slot iklan ini. Mudah kan?

2. Bisnis Kreatif


Jika kalian seorang ibu rumah tangga yang memiliki kreativitas tinggi, cobalah untuk membuka bisnis kreatif dan tentunya bisnis ini akan mengandalkan kreativitas pribadimu. Banyak sekali contoh bisnis yang bisa kalian mulai, mulai dari merangkai buket bunga, menyusun parcell, membuat kerajinan dari sampah plastik dan bahkan kalian bisa menawarkan konsultasi design interior yang segalanya bisa kalian lakukan di rumah.

3. Bisnis Kuliner Rumahan

Model bisnis yang memang ga ada matinya. Yap, kuliner! Jenis usaha ini memang sangat mudah dan bisa dijalankan oleh siapa saja terlebih ibu rumah tangga yang memiliki keahlian ataupun hanya sekedar hobi. Semisal kalian mahir membuat kue atau bahkan camilan yang bisa diproduksi di dapur sendiri.

Nah, untuk memulainya pertama-tama cobalah kalian tawarkan kepada keluarga terdekat, tetangga-tetangga sekitar rumah untuk mencicipi makanan buatanmu. Jika memang sudah mendapatkan pengakuan "Enak" dari mereka, maka ini saatnya kalian menjualnya secara online atau pun offline dan raih jangkauan pelanggan yang lebih luas lagi. Pertimbangkan pula regulasi dan sertifikasi yang harus kalian siapkan, lalu pertimbangkan juga kemasan yang hendak kamu pakai untuk mengemas kue rumahan buatanmu tadi.

4. Penitipan Anak / Child Day Care

Bisnis yang satu ini memiliki potensi yang sangat mudah untuk dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga. Bisnis ini pun banyak sekali dicari terutama para ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan dikantor atau bahkan kesibukan lainnya sehingga tidak ada waktu untuk mengasu anak.

Baca Juga: Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2017

Jika dilihat, bisnis ini memilik potensi jangka panjang. Kenapa begitu? Jika selama orangtua melihat anaknya merasa berada di lingkungan penitipan anak yang kalian miliki, maka  tentu saja mereka akan percaya dan terus-menerus untuk menitipkan anaknya untuk dirawat dan dijaga selama orangtuanya bekerja dan sampai sang anak berusia cukup dewasa sehingga dapat ditinggalkan tanpa pengawasan.

5. Bisnis Online & Dropship



Nah, peluang bisnis terakhir yang bisa kalian jalani adalah bisnis online & dropship. Di antara kalian, sudahkan mengenal dengan dropship? Jadi sistem Dropship sendiri adalah sistem dimana kalian akan bekerja sama dengan seller/ supplier yang nantinya jika ada yang memesan produk, kalian meminta mereka untuk mengirimkan barang/ orderan ke customer kalian dengan mencantumkan nama, alamat, No. HP kamu/ toko kamu sebagai pihak pengirim.

Baca Juga: 4 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Yang Patut Dicoba

Bisnis yang satu ini tak hanya bisa dijalani ibu rumah tangga, pegawai kantoran pun bisa menjalani bisnis ini yang memang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk memulai dropship kalian bisa mengunjungi Tokopedia yang mana salah satu online marketplace yang terkenal akan fitur dropship-nya. Untuk bisnis dropship ini kalian tak usah mengeluarkan modal sepeserpun untuk memiliki stok barang.

Nah, itu dia peluang bisnis yang dapat ibu rumah tangga jalankan, sudah tahu mau pilih yang mana untuk kalian jalani?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Lemari Pakaian Custom - Solusi Memaksimalkan Ruangan

Dalam sebuah rumah, memiliki furniture merupakan kebutuhan utama agar rumah menjadi lebih rapi, nyaman dan menyenangkan. Memiliki rumah yang sempit bukan berarti membuat Anda tidak bisa mendesain ruangan dengan cantik dan fungsional. Berikut ini beberapa referensi lemari custom yang dapat Anda tiru! 1. Lemari Sliding Kaca Lemari dengan model pintu geser saat ini jadi favorit banyak orang. Selain lebih ringkas, model pintu sliding juga tidak memakan banyak tempat. Lemari sliding ini dilengkapi area menggantung pakaian dan rak di dalamnya. Tentunya Anda sudah sering mendengar bahwa memasang cermin di suatu ruangan dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Cara Mencuci Clodi Pertama Kali

Saat ini penggunaan clodi di Indonesia semakin ramai peminatnya, hal itu disebabkan penggunaan clodi lebih hemat, dan lebih ramah lingkungan. Bagi bunda yang baru pertama kali membeli clodi, berikut ini cara mencuci clodi untuk pertama kalinya. Mencuci Clodi  Sebelum Memakai Clodi Baru (Pre-Wash) Pre-wash adalah cara mencuci clodi / popok kain yang dilakukan berulang kali sebelum dipakai untuk pertama kalinya. Hal ini bertujuan mendapat daya serap maksimal serta membersihkan popok clodi dari zat-zat yang menempel saat proses produksi. Mencuci Rutinitas Harian (Regular Wash Routine) 1. Membersihkan Kotoran (Flush solids) Siram dan buang kotoran (poop) kedalam toilet. Cuci popok clodi minikinizz setiap hari secara terpisah dengan pakaian dan jangan menumpuk popok kotor lebih dari 2 hari (48 jam), terutama jika cuaca dingin dan lembab karena dapat merusak natural fiber dan jamur akan tumbuh (sulit hilang). 2. Mencuci clodi dengan tangan Rendam clodi yang sudah dibers

4 Desain Tempat Tidur Tingkat ini Bikin Kamar Menjadi Luas!

Anda memiliki 2 anak remaja yang sudah beranjak dewasa, namun hanya memiliki 1 kamar untuk anak? Atau ingin mensiasati kamar yang sempit? Saatnya mengganti furniture dengan ranjang tingkat! Ranjang tingkat biasanya digunakan oleh anak-anak. Meski demikian, penggunaan bunk bed semakin meluas dan orang dewasa pun bisa memakainya. Misalnya, untuk asrama atau penginapan dengan konsep roomate. Meski jadi solusi untuk keterbatasan ruang, tetapi menata ranjang susun dalam ruangan bisa jadi tricky. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengoptimalkan ruangan Anda! 1. Usahakan ranjang tingkat dipasang dan menempel pada salah satu dinding kamar. Pemasangan ranjang tingkat di salah satu dinding melonggarkan area lain dalam kamar sehingga dapat digunakan untuk menaruh furniture lain seperti lemari. Sebaiknya ranjang tingkat tidak ditaruh dekat jendela demi alasan keamanan. Lagi pula, jika jendela tertutupi furniture mengesankan ruangan lebih sempit. 2. Kedua, buat tempat penyimpana